Untuk dapat menguasai bahasa pemrograman Java, harus mengerti dengan baik
konsep pemrograman berorientasi objek, karena Java merupakan bahasa pemrograman
berorientasi objek. Disini akan dibahas konsep-konsep penting dalam pemrograman
berorientasi objek, sehingga diharapkan akan lebih mudah adalam mempelajari
bahasa pemrograman Java.
OBJEK
Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai
sebuah objek. Sebenarnya ada dua ciri utama pada sebuah objek, yaitu :
¨
Setap objek memiliki
atribut sebagai status yang kemudian akan disebut sebagai state.
¨
Setiap objek memiliki
tingkah laku yang kemudian akan disebut sebagai behaviour.
Misalkan objek MOBIL
¨
Mobil memiliki atribut (state)
: Roda, Pintu, Jenis dan Warna.
¨
Mobil memiliki kebiasaan
(behaviour)
: kecepatan dapat menaik atau menurun, perpindahan perseneleng.
Dalam pengembangan perangkat lunak berorientasi objek, perangkat lunak
tersebut akan menyimpan state dari objek dalam variabel-variabel
dan akan menyimpan behaviour dari objek dalam methode-methode
atau fungsi-fungsi atau prosedur.
CLASS
Class berbeda dengan objek. Class merupakan prototipe yang mende-finisikan
variabel-variabel dan methode-methode secara umum. Sedang kan objek pada sisi
lain merupakan instansi dari suatu kelas.
ENKAPSULASI
Dalam sebuah objek yang mengandung variabel-variabel dan methode-methode,
dapat ditentukan hak akses pada sebuah variabel atau methode dari objek.
Pembungkusan variabel dan methode dalam sebuah objek yang terlindungi inilah
yang disebut dengan enkapsulasi. Jadi enkapsulasi dapat diartikan bungkus
(wrapper) pelindung program dan data yang sedang diolah, agar tidak diakses
oleh sembarangan program lain. Manfaat dari proses enkapsulasi adalah :
¨
Modularitas
Kode sumber dari sebuah objek dapat dikelola secara
independen dari kode sumber objek yang lain.
¨
Information Hiding
Dapat menentukan hak akses sebuah variabel/ methode dari
suatu objek, dengan demikian dapat menyembunyikan informasi yang tidak perlu
diketahui oleh objek lain.
INHERITANCE
Class dapat didefinisikan dengan referensi pada class yang lain yang telah
terdefinisi. Inheritance merupakan pewarisan veriabel dan metho-de pada
sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi
sebelumnya. Sebuah subclass akan mewarisi state (variabel-variable) dan behaviour
(methode-methode) dari superclass-nya. Subclass kemudian dapat
menambahkan state dan behaviour baru yang spesifik dan dapat pula dimodifikasi
(override)
state dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya. Keuntungan dari inheritance
adalah :
¨
Subclass menyediakan state/ behaviour yang spesifik yang
mem-bedakannya dengan superclass, hal ini akan
memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang source code dari superclass
yang telah ada.
¨
Programmer Java dapat
mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract
class, untuk mendefinisi-kan class
dengan state dan behaviour secara umum.
Istilah dalam inheritance yang perlu diperhatikan :
¨
Extends, keyword ini harus ditambahkan pada definisi class yang menjadi subclass.
¨
Superclass, digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang ber-arti class dasar dari
subclass.
¨
Subclass, adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass.
POLIMORFISME
Kata polimorfisme berarti satu objek dengan banyak bentuk yang
ber-beda, merupakan konsep sederhana dalam bahasa pemrograman ber-orientasi
objek yang berarti kemampuan dari suatu variabel referensi objek memiliki aksi
berbeda bila methode yang sama dipanggil, dimana aksi methode tergantung dari
tipe objeknya. Kondisi yang harus dipe-nuhi supaya polimorfisme dapat
diimplementasikan adalah :
¨
Methode yang dipanggil
harus melalui variabel dari basis class atau superclass.
¨
Methode yang dipanggil
juga harus menjadi methode dari basis class.
¨
Signature methode harus
sama baik pada superclass maupun pada subclass.
¨
Methode access attribute
pada subclass tidak boleh lebih terbatas dari basis class.
INTERFACE
Pada bahasa pemrograman Java juga dikenal konsep interface, yang merupakan
alat yang digunakan untuk komunikasi antar objek berbeda yang tidak memiliki
hubungan apapun. Interface bisa dikatakan seba-gai protokol komunikasi antar
objek tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar